Ada begitu banyak pilihan dalam hidup, kadang-kadang sulit untuk membuat yang benar. Tetapi ketika datang untuk mendapatkan pinjaman, sebenarnya hanya ada dua pilihan penting untuk dibuat. Sisanya hanyalah detail yang perlu dipalu. Artikel ini akan membantu Anda memahami yang mana dari dua pilihan yang tepat untuk Anda.

Pinjaman tanpa jaminan hanyalah pinjaman yang Anda dapatkan berdasarkan nama baik Anda dan peringkat kredit Anda. Seringkali suku bunga rendah lebih tinggi pada pinjaman tanpa jaminan dan pinjaman yang dijamin karena risikonya lebih tinggi bagi lembaga pemberi pinjaman. Jika, karena alasan tertentu, Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman dan lembaga pinjaman tidak mendapatkan uang kembali. Namun, nama baik Anda dan peringkat kredit Anda berpotensi hancur.

Di sisi lain, beban yang aman adalah yang Anda dapatkan saat memasang beberapa aset. Keuntungan dari pinjaman yang dijamin adalah Anda sering mendapatkan lebih banyak uang dengan tingkat bunga yang lebih rendah untuk periode pembayaran yang lebih lama dibandingkan dengan pinjaman tanpa jaminan. Ini karena Anda memiliki beberapa aset untuk mencadangkan pinjaman Anda. Lembaga pemberi pinjaman lebih suka jenis pinjaman ini karena jika Anda tidak dapat melakukan pembayaran, mereka dapat melihat aset Anda sebagai bentuk pembayaran alternatif . Karena risikonya berkurang, mereka dapat memberi Anda pinjaman yang lebih menarik dengan bunga yang lebih baik.

Anda mungkin menganggap hipotek sebagai pinjaman yang dijamin. Bank meminjamkan Anda uang untuk membeli rumah dan mereka menggunakan rumah itu sebagai cara untuk mendukung pinjaman. Jika Anda tidak melakukan pembayaran hipotek, bank dapat menyita rumah Anda.

Atau Anda dapat menganggap pinjaman yang dijamin sebagai pegadaian yang meminjamkan uang yang Anda inginkan tetapi memungkinkan Anda tetap menggunakan barang-barang yang telah Anda gadai!

Jadi yang mana yang tepat untuk Anda? Ini adalah keputusan yang sulit untuk dibuat. Dalam kebanyakan kasus, pinjaman yang dijamin akan memberi Anda tingkat bunga yang lebih baik, sehingga Anda dapat memilih itu.

Namun, mungkin Anda tidak memiliki aset apa pun, atau Anda tidak ingin mengambil risiko penyitaan aset tertentu jika Anda tidak dapat melakukan pembayaran. Dalam hal ini, Anda mungkin tidak keberatan membayar sedikit lebih untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan.

Pinjaman tanpa jaminan dan dijamin adalah opsi yang baik untuk dimiliki ketika Anda melakukan perencanaan keuangan Anda. Anda dapat menggunakannya untuk mengkonsolidasikan tagihan Anda, meningkatkan investasi rumah Anda, atau mendapatkan hal-hal yang Anda butuhkan dan inginkan. Dan, dengan pilihan antara pinjaman tanpa jaminan dan pinjaman terjamin, Anda mendapat manfaat karena berada dalam kendali total atas nasib finansial Anda!